” Kematian bukanlah hal yg harus ditangisi, disedihi, dsb. Kematian itu merupakan peristiwa sakral, suci, seorang hamba yg kembali kepada Sang Pencipta.... ”

Kamis, 27 Oktober 2011

HeWan PeMBaWa PeSaN KeMaTiaN

Burung Gagak
Mitos kematian amat melekat pada binatang yang satu ini. Ya, burung gagak dinilai sebagai 'pembawa' kematian. Sebab, tak sedikit manusia percaya bila ada burung gagak hinggap di genteng rumah dan berulang kali memekikkan suaranya, maka akan ada yang meninggal dunia dalam waktu dekat diantara anggota keluarga pemilik rumah tersebut. Namun, bila burung gagak hanya terbang melintas di atas genteng rumah dan memekikkan suara, keluarga dari rumah yang terlewati akan jatuh sakit dalam waktu dekat.
Kucing
Kucing yang dipercaya sebagai binatang kesayangan baginda Nabi Muhammad SAW, selalu mendapat keistimewaan. Bila menabrak kucing hingga mati, sengaja atau tidak, sang pengendara akan mendapat bala atau musibah saat berlalu-lintas. Namun, bila kucing tersebut dikubur, keselamatan sang pengendara dipercaya bakal selamat.
Cicak
Bila saat sedang duduk dan tiba-tiba ada seekor cicak yang jatuh ke badan, diyakini akan ada anggota keluarga atau kenalan yang meninggal. Jatuhnya cicak dipercaya sebagai pemberi kabar dari duka tersebut.

Burung Wiwik
Oleh orang Jawa burung ini disebut Wiwik, atau dalam bahasa Latin disebut Cacomantis merulinus. Orang Sunda menyebutnya manuk Siut Uncuing. Masyarakat di pedesaan yang mendengar suara burung ini, akan segera membaca istighfar. Namun di kota-kota besar suara burung ini sudah jarang kita dengar. Burung dengan suara khas yang bisa membuat badan merinding itu, bersuara seperti memanggil arwah: Cuit...cuit...cuit cuccuiiit..." Atau ada juga yang mendengarnya dengan bunyi lain: Tiirr...tiirr..tiiiir... Namun yang pasti, suara pertama akan meninggi tapi kemudian melemah. Konon, bila suara burung itu terdengar di sore hari, terlebih saat hari gerimis, maka seseorang akan meninggal dunia. Di sebuah kampung yang sedang terserang wabah penyakit, suara burung ini menandakan bahwa malaikat maut sudah berada di sisi orang sakit.

Burung Hantu
Sering dijumpai bila seseorang melihat atau mendengar suara burung seperti burung hantu atau burung yang lainnya, maka orang itu mengatakan “Akan ada orang yang celaka atau meninggal di daerah sini”. Mereka menjadikan burung itu sebagai penentu nasib pembawa sial (petaka).

Anjing Hitam
Seekor anjing hitam adalah kehadiran hantu terutama ditemukan dalam cerita rakyat Inggris. Anjing hitam adalah dasarnya makhluk nokturnal, dan penampilannya dianggap sebagai pertanda dari kematian. Beberapa orang percaya bahwa anjing hitam merupakan pertanda kematian, dan bila melihatnya  berarti  Anda atau salah satu anggota keluarga akan mati.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...